January 23, 2018

Mungkin Anda adalah salah satu penggemar berat Permen karet. Permen karet bisa menemani Anda kapan pun saat Anda bekerja atau bermain, bahkan ketika Anda sedang sendiri. Permen karet pun bisa Anda gunakan untuk meredakan ketegangan Anda di depan umum. Beberapa orang mungkin terbantu dengan mengunyah permen karet di situasi-situasi tertentu. Namun, hati-hati, jangan sampai Anda menelan permen karet karena ada beberapa hal yang bisa terjadi.

Untuk sebagian orang, permen karet wajib tersedia di dalam tas. Sensasi mengunyah permen karet memang unik. Apalagi saat ini permen karet tersedia dalam berbagai rasa yang menarik. Nah, tahukah Anda kalau ternyata permen karet yang banyak di sukai orang ini bermanfaat bagi otak? Yuk, pelajari lebih jauh soal manfaat permen karet bagi otak di bawah ini.

Pengertian Permen Karet

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat di buat untuk mengembangkan gelembung. Warnanya beraneka ragam dan memiliki rasa tertentu. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah. Hal itu terjadi karena permen karet lebih kental dari pada permen kunyah manapun. Namun terdapat pula merk permen karet seperti Hubba Bubba yang bersifat tidak lengket dan cenderung disukai anak-anak.

Untuk menggelembungkan bola dengan permen karet, seseorang dapat meratakan gusi ke palatum (langit-langit mulut) dan kemudian menekannya ke belakang gigi. Kemudian dorong ke luar sedikit dengan lidah kemudian di gelembungkan. Bila langkah tersebut di lakukan dengan benar, maka akan terbentuk gelembung yang menarik.

Jenis-jenis Permen Karet

  • Gum Balls, berbentuk seperti bola dan di lapisi. Ini adalah paling sering di jual di mesin permen karet. Di Britania Raya sering disebut sebagai “Screwballs”, seperti yang biasa terdapat di dasar es krim. Di AS, mereka di kenal sebagai “Gum Balls”. Bubblegum, di buat dengan karakteristik agar dapat menghasilkan gelembung ketika di tiup.
  • Sugarfree Gum, di buat dengan pemanis buatan.
  • Permen dan Gum kombinasi, terutama permen karet yang di temukan di dalam beberapa jenis permen lolipop, seperti Charm Blow Pops.
  • Center Filled Gum, bola karet yang terbentuk di sekitar pusat permen karet yang lembut atau cair.
  • Slab Gum Cut dan Wrap Gum, merujuk kepada nama mesin yang membungkus permen karet jenis ini, biasanya dalam bentuk bongkahan, kubus, atau bentuk silinder.
  • Permen Karet fungsional, sebuah permen karet dengan fungsi praktis. Vibe Energy Gum, misalnya, menggunakan permen karet sebagai sistem pengiriman kafeina, ginseng, guarana, dan green tea.
  • Permen Karet Obat, permen karet yang bertindak sebagai sistem pengiriman untuk menambahkan obat ke dalam air liur, dengan menggunakan cara ini, obat akan lebih cepat masuk ke dalam aliran darah dari pada pil.
  • Permen Karet Bubuk, mengalir bebas dalam bentuk bubuk atau bubuk yang dipadatkan menjadi bentuk yang unik.
  • Permen Karet Stik, berbentuk persegi panjang, tipis, datar, dan seperti lempengan.

Bagaimana Cara Membuat Permen Karet?

Untuk membuat permen karet, diperlukan beberapa langkah. Pertama, bahan akan di kumpulkan dahulu yang berasal dari pohon sadila. Setelah di olah dan di cairkan, bahan tersebut akan di beri perasa atau pemanis. Kemudian akan dimasukkan ke dalam mesin dan akan menghasilkan pita tebal yang teksturnya seperti karet. Pita-pita tebal tersebut kemudian akan di tekan hingga menjadi lapisan tipis lalu di dinginkan, di potong, kemudian di susun dalam kemasan menarik.

Apa Manfaat Permen Karet Bagi Fungsi Otak?

Saat Anda melakukan gerakan mengunyah, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif. Bagian tersebut antara lain adalah otak kecil (serebelum), batang otak, motor korteks, kaudata, cingulate, dan lainnya. Selain itu, saat makan permen karet, kandungan gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak. Adanya peningkatan ini dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil.

Sebelum yang di kenal dengan sebutan otak kecil berfungsi untuk mengatur koordinasi keseimbangan tubuh. Sedangkan lobus frontal berfungsi untuk membuat rencana, berpikir logis, dan memecahkan masalah. Lobus temporal di bedakan menjadi dua, untuk lobus bagian kiri berfungsi untuk ingatan verbal, seperti mengingat nama. Sedangkan untuk lobus bagian kanan berfungsi untuk ingatan yang bersifat visual misalnya kemampuan mengingat wajah dan gambar. Hal ini tentu dapat meningkatkan kerja otak dan membuat kemampuan kognisi Anda meningkat.

Selain itu, ternyata mengonsumsi permen karet bebas gula juga bisa meningkatkan daya ingat, baik ingatan jangka pendek maupun ingatan jangka panjang. Para ahli menduga bahwa hal ini terjadi karena saat mengunyah, aktivitas otak di bagian otak hipokampus meningkat. Nah, bagian otak ini bertugas untuk menjalankan fungsi daya ingat.

Permen karet juga memiliki manfaat lainnya bagi otak dan kesehatan mental, yaitu dapat menurunkan perasaan stres dan tertekan pada seseorang. Permen karet di anggap sebagai salah satu metode relaksasi. Mengunyah permen karet ternyata dapat menurunkan rasa bosan dan perasaan tertekan yang di alami oleh seseorang. Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh Paul Smith, di dapatkan bahwa mereka yang mengonsumsi permen karet akan mengalami mood yang lebih baik di bandingkan orang yang tidak makan permen karet.

Di samping itu, ternyata masih ada manfaat permen karet yang sayang di lewatkan, terutama bagi orang yang sering begadang. Mengunyah permen karet bisa membantu Anda agar tetap terjaga dan waspada, apa lagi jika Anda mengonsumsi jenis permen karet yang mengandung kafein yang besar. Meskipun tidak bisa sepenuhnya mengusir kantuk, tentu mengunyah permen karet bisa membuat Anda lebih segar.

  • Membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut

Perlu di ingat bahwa permen karet tetap tidak dapat menggantikan fungsi menyikat gigi. Namun, mengunyah permen karet bebas gula secara rutin sekitar 20 menit tiap setelah makan dapat membantu produksi saliva atau air liur, selain itu efektif dalam menyingkirkan bakteri dari gigi. Dengan meningkatnya produksi saliva secara optimal, zat asam yang di hasilkan dari bakteri pengurai makanan akan berkurang. Bila tidak di hilangkan atau di bersihkan, zat asam tersebut lama-kelamaan dapat merusak lapisan gigi.

Mengunyah permen karet juga membantu mengurangi risiko kerusakan gigi. Permen karet, terutama yang mengandung xylitol, dapat mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

Namun terlepas dari manfaat di atas, kita juga harus memerhatikan kebiasaan mengunyah permen karet. Bila merasakan nyeri pada rahang, hentikan mengonsumsi permen karet hingga kondisi Anda membaik.

  • Membantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang-orang yang rutin mengunyah permen karet cenderung makan dengan kalori yang lebih sedikit pada saat makan siang di bandingkan dengan orang-orang yang tidak mengonsumsi permen karet. Dengan kata lain, berkat mengunyah permen karet, nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Di samping itu, keinginan untuk ngemil atau mengonsumsi makanan ringan juga menjadi berkurang. Namun untuk menurunkan berat badan, tetap diperlukan pola makan sehat dan seimbang yang di iringi dengan rutin berolahraga.

  • Membantu kerja otak

Sebuah tinjauan penelitian tentang permen karet menghasilkan bukti bahwa mengunyah permen karet dapat memperbaiki area kognitif, seperti memori episodik, memori kerja, serta kecepatan mengolah persepsi. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk mengonfirmasi bukti tersebut.

Apakah Manfaat Mengunyah Permen Karet?

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat mengunyah permen karet yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Hal ini di karenakan ketika mengunyah permen karet, aliran darah di otak dan denyut jantung akan meningkat serta akan membuat peredarah oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Ketika Anda mengunyah permen karet (bebas gula) secara rutin, terutama setelah makan dan selama sekitar 20 menit, mengunyah permen karet dapat membantu dalam produksi air liur. Sehingga dapat efektif dalam mengatasi bakteri pada mulut.

3. Menjaga Kesehatan Gigi

Selain dapat menjaga kesehatan mulut, mengunyah permen karet ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada gigi. Hal ini di karenakan permen karet (yang mengandung xylitol) dapat mengurangi terbentuknya lubang-lubang kecil pada gigi.

4. Membuat Wajah Menjadi Terlihat Lebih Segar

Manfaat mengunyah permen karet yang selanjutnya juga dapat bermanfaat untuk kecantikan, yaitu membuat wajah Anda terlihat lebih segar secara alami. Hal ini di karenakan mengunyah permen karet sama halnya dengan melakukan senam wajah yang melatih kekencangan pada bagian kulit wajah, yang selanjutnya dapat membuat aliran darah pada wajah akan lebih lancar.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengunyah permen karet juga di percaya dapat membuat nafsu makan menjadi lebih terkontrol. Selain itu, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil juga menjadi berkurang. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menurunkan berat badan, perlu diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang rutin.

6. Mengatasi Rasa Mual

Mengunyah permen karet setelah makan juga dapat membantu mengatasi rasa mual dengan cara mengurangi asam lambung. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur menjadi meningkat sehingga dapat membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan. Dengan produksi air liur yang meningkat dan turun ke dalam perut dapat mencegah terjadinya asam lambung yang menyebabkan rasa mual.

7. Memperbaiki Suasana Hati

Mengunyah permen karet merupakan cara terbaik untuk mengurangi bahkan mengatasi depresi, kecemasan, ataupun stress. Hal ini di karenakan hormon kortisol, yaitu hormon pemicu stres akan menurun kadarnya ketika Anda mengunyah permen karet.

8. Kesehatan Sistem Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat permen karet yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini di karenakan dengan mengunyah permen karet dapat memicu produksi air liur atau saliva dalam mulut yang dapat meningkatkan proses pencernaan makanan yang lebih baik.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Mengunyah permen karet juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi atau fokus. Hal ini karena ketika Anda mengunyah permen karet peredaran darah menjadi lebih lancar, sehingga asupan oksigen ke otak pun akan meningkat dan dapat meningkatkan konsentrasi.

10. Membuat Nafas Menjadi Lebih Segar

Anda juga dapat menghilangkan bau mulut dengan cara mengunyah permen karet. Ketika Anda mengunyah permen karet, produksi air liur dapat meningkat sehingga mulut Anda menjadi basah. Dengan begitu perkembangan bakteri di mulut dapat di cegah. Bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap.

11.Membantu Menghentikan Kebiasaan Merokok

Permen karet sangat baik bagi Anda yang ingin berhenti merokok. Hal ini dikarenakan ketika Anda mengunyah permen karet, tidak hanya dapat menahan keinginan mengonsumsi makanan berlebih atau ngemil, tetapi juga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi zat stimulan adiktif, seperti kandungan nikotin dan kafein pada rokok.

12. Meredakan Sakit Telinga

Ketika Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat, Anda mungkin akan mengalami sakit telinga. Hal ini di karenakan perubahan tekanan udara selama penerbangan yang membuat perasaan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengunyah permen karet untuk memicu produksi air liur dan menelan air liur tersebut untuk menyamakan tekanan udara disekitar dengan telinga.

Meski Bermanfaat, Bukan Berarti Permen Karet Bisa Dikonsumsi Sebanyak-banyaknya

Kandungan gula pada permen karet dapat menyebabkan munculnya karies pada gigi Anda. Karies akan terbentuk akibat adanya bakteri-bakteri yang menempel pada plak gigi Anda, di sertai dengan fermentasi dari glukosa oleh bakteri. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya demineralisasi pada gigi Anda dan akhirnya merusak gigi Anda.

Plak yang muncul pada gigi Anda terbentuk melalui proses yang rumit. Adanya penempelan bakteri pada plak gigi dapat memperburuk kesehatan gigi Anda. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering makan permen karet. Bila Anda memang suka permen karet, jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut serta rutin periksa ke dokter gigi.

Bagaimana Jika Orang Dewasa Menelan Permen Karet?

Mungkin Anda sering mendengar bahwa permen karet yang tertelan kemudian akan menumpuk di perut Anda dan tidak bisa keluar. Orangtua Anda atau beberapa orang terdekat Anda mungkin sering bilang hal tersebut pada Anda sejak kecil agar Anda tidak menelan permen karet. Namun, sebenarnya, ke manakah permen karet pergi setelah tertelan? Apakah ia akan menumpuk di dalam tubuh? Atau hancur di dalam pencernaan tubuh?

Saat Anda makan, sebenarnya tubuh Anda sudah mulai mencerna makanan tersebut melalui proses mekanis dalam mulut, yaitu mengunyah. Kemudian enzim atau protein yang terkandung dalam air liur dan lambung Anda membantu memecah kandungan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut. Selanjutnya, asam dalam lambung Anda mengubah sisa makanan yang tidak dapat terserap tubuh menjadi bubur, sehingga sisa makanan tersebut dapat melewati usus dan akhirnya dibuang melalui anus.

Namun, berbeda dengan permen karet yang tidak bisa di cerna oleh tubuh Anda. Hal ini di sebabkan karena permen karet mengandung bahan dasar getah karet alam atau sintetis (gum resin). Karet butil adalah karet sintetis yang biasa di gunakan untuk membuat permen karet. Getah karet alam maupun sintetis tidak bisa di pecah, sehingga tidak bisa di cerna oleh tubuh Anda.

Saat Anda mengunyah permen karet, enzim dalam air liur Anda akan memecah karbohidrat dan minyak yang terkandung dalam permen karet. Namun, kandungan karet pada permen karet kebal terhadap enzim ini, sehingga permen karet tidak dapat di pecah dan di cerna. Bahkan, asam lambung pun tidak bisa memecah dan mencerna karet ini.

Jadi, ketika Anda menelan permen karet, permen karet dalam bentuk utuh akan bergerak melalui saluran pencernaan Anda, melewati kerongkongan, lambung, kemudian ke usus bergabung bersama feses dan akhirnya permen karet di buang ke luar tubuh melalui anus. Namun, proses dari permen karet tertelan sampai keluar dari tubuh Anda mungkin membutuhkan waktu beberapa hari, mungkin bisa satu hari, dua hari, atau bahkan tiga hari.

Kabar baiknya mungkin permen karet bisa keluar dari tubuh Anda setelah beberapa hari. Namun, hal buruk bisa saja terjadi pada Anda. Pada kasus yang sangat jarang, permen karet yang tertelan di saat Anda juga sedang mengalami sembelit dapat menyumbat usus Anda, terlebih lagi jika Anda terlalu sering menelan permen karet. Hal ini dapat membuat Anda lebih sulit untuk buang air besar. Untuk itu, usahakan jangan sampai menelan permen karet. Pada dasarnya, permen karet memang di rancang untuk tidak ditelan, hanya di kunyah.

Cara Mengatasi Permen Karet Tertelan

Khusus orang dewasa, tidak perlu terlalu mengkhawatirkan jika permen karet tertelan, apalagi jika permen karet tertelan hanya dalam jumlah sedikit. Hal terpenting untuk segera di lakukan yaitu minum air putih yang banyak. Karena permen karet akan menurun tingkat kelengketannya dan tidak menyumbat atau menutup kerongkongan, karena hal ini cukup berbahaya.

Agar bisa dengan cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, kalau bisa di muntahkan kembali, tetapi jika tidak bisa maka hanya perlu minum air putih.

Setelah itu bisa di bantu dengan makanan, yang akan mendorong permen karet (agar cepat keluar melalu proses BAB). Nantinya gerakan peristaltik dari usus mampu semakin cepat untuk mengeluarkan permen karet dari dalam tubuh.

Bila permen karet tertelan cukup banyak (rasanya konyol jika orang dewasa sengaja menelan permen karet dalam jumlah banyak), jika itu terjadi maka lakukan langkah-langkah di atas semampunya, lalu segera pergi ke dokter jika kondisi masih buruk.

Tips ini berlaku untuk orang dewasa, remaja, termasuk juga ibu hamil saat mengalami masalah permen karet tertelan.

Bagaimana Jika Anak Kecil Menelan Permen Karet?

Sama seperti orang dewasa, permen karet yang di telan oleh anak kecil pun bisa keluar dari tubuh. Namun, sebaiknya perkenalkan anak kecil pada permen karet ketika usianya sudah cukup. Anda bisa memberikan anak kecil permen karet ketika dirinya sudah mengerti bahwa permen karet tidak boleh di telan, karena itu bisa membahayakan kesehatannya. Biasanya anak kecil sudah bisa mengerti hal ini saat dirinya sudah menginjak usia 5 tahun.

Satu hal lagi yang juga sebaiknya Anda lakukan adalah jangan terlalu sering memberikan anak kecil permen karet karena permen karet lebih bisa menyebabkan masalah pada anak kecil. Permen karet dapat menyebabkan anak kecil tersedak. Selain itu, gula yang terkandung dalam permen karet pun bisa menyebabkan kerusakan gigi pada anak. Gula juga dapat menambah kalori yang di konsumsi anak. Permen karet yang bebas gula pun biasanya mengandung sorbitol yang juga dapat menyebabkan diare pada anak.

Sekali anak di beri permen karet, biasanya ia akan memintanya lagi dan lagi. Oleh karena itu, sebaiknya batasi pemberian permen karet pada anak, setidaknya tidak lebih dari satu atau dua potong dalam sehari. Selalu ingatkan anak agar ia membuang permen karet setelah mengunyahnya, bukan menelannya.

Bagi kamu atau anggota keluarga yang suka memakan permen karet, mulai dari sekarang dibatasi. Karena permen karet banyak mengandung pemanis buatan yang tidak bagus untuk kesehatan kamu.