January 12, 2018

Beras mengandung beberapa zat yang dapat di gunakan untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat pada dalam beras tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Selain itu, masih banyak kandungan yang lainnya yang juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Adapun cara yang bisa di gunakan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit bisa dilakukan dengan dua cara. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Cara pertama ini termasuk cara mudah yakni dengan mencampur air dan beras. Beras yang di campurkan dengan air adalah sebesar 1/4 kg, kemudian aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga di dapatkan air cucian saja. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali. Air yang di saring tersebut kemudian di masukkan dalam wadah. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap saat sehingga di dapatkan wajah yang bersih dan cantik. Jika di simpan di kulkas, air cucian beras yang di simpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.
  • Cara yang kedua ini termasuk cara langsung yakni dengan memasukkan beras ke dalam kain katun atau wadah lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sehingga hancur. Beras dalam kain yang sudah hancur tadi masukkan ke dalam air hangat untuk di usapkan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

Makanan pokok orang Indonesia yaitu nasi yang terbuat dari beras. Beras tidak hanya di jadikan sebagai makanan pokok yang wajib di konsumsi setiap hari. Tahukah Anda bahwa ternyata air beras juga memiliki manfaat bagi kesehatan wajah dan kulit. Berikut ini beberapa manfaai yang di peroleh dari air beras untuk wajah dan kulit :

1. Memudarkan Flek Hitam

Apabila anda memiliki masalah noda atau flek hitam pada wajah tak perlu menggunakan krim untuk memudarkannya, karena tidak semua orang cocok dengan penggunaan kosmetik. Air beras memiliki kandungan nutrisi penting dan protein yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Selain itu air beras dapat berperan untuk meningkatkan produksi kolagen. Anda dapat mencampurkannya dengan air kunyit sehingga flek hitam akan memudar secara perlahan.

2. Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Air cucian beras dapat Anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Selain itu air beras dapat mengencangkan pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat.

3. Mengobati Iritasi Pada Kulit

Air beras berfungsi untuk menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah sehingga dapat mengatasi kulit yang mengalami iritasi. Hal ini di dukung oleh hasil penelitian dermatologi yang menyatakan bahwa seseorang yang mengalami dermatitis atopic dapat di atasi dan di sembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit di gunakan dua kali dalam sehari.

4. Mengatasi Komedo

Komedo biasanya muncul pada kulit yang berpori besar dan kulit yang berminyak. Air cucian beras dapat mengurangi malash komedi. Cara pemakaiannya yaitu air cucian beras di pisahkan dari beras kemudian panaskan, setelah mendidih diamkan hingga rebusan air beras tersebut hingga suam-suam kuku, kemudian oleskan pada wajah diamkan hingga kering setelah itu gosok secara perlahan menggunakan handuk atau kain. Selain alami cara ini juga memiliki harga yang ekonomis.

5. Mengangkat Kotoran dan Sel Kulit Mati

Air beras dapat membuat wajah dan kulit menjadi lebih cerah dan bersih karena air beras dapat mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Selain itu juga air beras dapat mengangkat sel kulit mati.

6. Mengencangkan Kulit

Selain di gunakan sebagai kecantikan wajah air beras dapat mengencangkan kulit apabila Anda mengalami penurunan berat badan. Tentunya hal ini berita baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

7. Meredam Efek Buruk Sinar Matahari

Sinar ultraviolet yang di paparkan oleh cahaya matahari memiliki efek buruk bagi kesehatan kulit. Air cucian beras dapat di gunakan untuk membantu meredam efek buruk sinar matahari yang membuat kulit menjadi gelap dan terbakar akibat paparan sinar ultra violet, karena air beras mengandung antioksida yang baik untuk mengatasi dampak buruk polusi dan sinar matahari.

8.  Mengontrol Minyak Berlebih Pada Wajah

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak yang berlebihan penggunaan air beras dapat di jadikan bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Penggunaan air beras untuk di jadikan bahan tradisional kecantikan dapat di gunakan sebagai lulur tubuh dan juga masker wajah yang dapat menutrisi dan menyegarkan kulit dan wajah. Sehingga anda dapat memiliki kulit tubuh dan wajah yang lebih sehat, cerah dan putih alami.

9. Melembabkan Kulit

Cara melembabkan wajah yang kering dan kusam sangat mudah di lakukan di rumah, dengan menggunakan beberapa buah untuk masker atau juga dapat memanfaatkan air beras untuk cuci muka setiap hari. Kulit yang lembab akan membuat kita terlihat tampak awet muda, selain itu akan memberikan tekstur kenyal pada wajah. Maka air cucian beras ini sangat di anjurkan untuk membuat wajah menjadi lembab secara alami.

10. Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Penyebab kulit kering dan keriput bisa jadi disebabkan karena terkena sinar matahari secara langsung dan terpapar oleh polusi seiap hari. Hal tersebut akan membuat kulit kita menjadi kering dan akan mengganggu penampilan seseorang. Cara untuk mengatasi kulit ini bisa kita temukan dari manfaat mencuci muka dengan air cucian beras. Lakukan kebiasaan ini secara rutin maka kita akan mendapatkan hasil yang optimal.

11. Memaksimalkan Regenerasi Kulit

Cara mengatasi kulit mengelupas sangat mudah, kulit mengelupas tersebut termasuk proses regenerasi kulit wajah. Regenerasi kulit yaitu penggantian sel kulit yang lama menjadi sel kulit yang baru. Proses ini pun terjadi setiap hari, hal ini terjadi karena bertujuan untuk mencaga kesehatan kulit wajah. Apabila kulit tidak melakukan regenerasi sel kulit maka akan menimbulkan maslah-masalah lainnya. Manfaat mencuci muka dengan air cucian beras mampu mengoptimalkan atau memaksimalkkan dalam proses regenerasi kulit ini. Maka di anjurkan untuk melakukan mencuci muka ini dengan rutin.

12. Menghaluskan Kulit

Manfaat cuci muka di salon tidak jauh beda dengan manfaat cuci muka dengan air cucian beras. Mempunyai kulit yang halus merupakan dambaan setiap wanita. Untuk mendapatkan kulit yang halus ini kita dapat memanfaatkan perawatan di salon ataupun dirumah. Perawatan yang lebih ekonomis yaitu perawatan di rumah secara mandiri, kita dapat memanfaatkan buah-buahan untuk masker. Selain itu kita juga perlu mencuci muka dengan air beras guna membuat kulit wajah yang halus seperti kulit bayi.

12. Mencegah Penuaan

Semakin bertambahnya usia maka semakin kesehatan kulit wajah pun ikut turun. Apabila kesehatan wajah ikut turun maka akan mengakibatkan seseorang menjadi terlihat lebih tua. Untuk mengatasi ini yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan bergisi. Atau juga bisa dengan mencuci muka secara rutin denga air cucian beras. Tips mencegah penuaan dini yang selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan salon secara rutin.

13. Mengobati Kulit Iritasi

Selain ke dua belas manfaat yang telah di baca, air beras juga dapat di gunakan untuk mengobati kulit yang terkena iritasi. Penggunaan air beras pada wajah dapat membantu menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah. Menurut sebuah studi dermatologi, pasien dengan dermatitis atopic dapat di sembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit setiap dua kali sehari.

Atau, Anda bisa juga memasukkan beras ke dalam kain katun atau kain jenis lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sampai beras hancur. Masukkan beras dalam kain yang sudah hancur tadi ke dalam air hangat untuk di usapkan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

14. Mengobati Kulit Terbakar 

Saat berenang atau saat beraktivitas di luar ruangan kulit terbakar sinar matahari adalah sesuatu yang umum dan sering terjadi. Terlepas dari penggunaan tabir surya, kemungkinan bahwa kulit Anda akan terbakar matahari tetap ada. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan air beras. Aplikasikan air beras pada daerah yang terbakar kemudian bilas dengan air dingin setelah beberapa menit.

15. Sebagai Kondisioner Rambut

Kebanyakan dari kita belum mengetahui bahwa air cucian beras bisa juga berfungsi sebagai kondisioner rambut. Air beras adalah kondisioner rambut alami yang sangat baik, ramah lingkungan, serta dapat membuat rambut lebih lembut, mengembang dan berkilau. Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Lalu aplikasikan pada rambut yang sudah dikeramas, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air dingin. Tidak seperti produk kondisioner di pasaran yang mengandung bahan kimia, kondisioner air cucian beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat kulit kepala berketombe.

16. Menutrisi dan Menyegarkan Kulit

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras di dominasi oleh pati (sekitar 80 sampai 85%). Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat, yaitu amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang dan amilopektin, pati dengan struktur. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin, serta antioksidan yang ada pada beras dapat menutrisi dan menyegarkan kulit. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin, serta antioksidan yang ada pada beras dapat menutrisi dan menyegarkan kulit.

17. Mengecilkan Pori-pori

Coba celupkan bola kapas ke dalam air bekas cucian beras dan memakainya di wajah. Usapkan serta pijat secara perlahan pada bagian yang diinginkan. Hal ini akan mampu mengencangkan pori-pori dan membuat mereka terlihat lebih kecil.

18. Mengurangi Tampilan Garis halus atau Kerutan Pada Wajah

Mencuci wajah dengan menggunakan air cucian beras secara rutin dan teratur di percayai bahwa mampu menjaga kulit dari proses penuaan dini. Bisa di simpulkan, bahwa secara tidak langsung air beras mampu memudarkan tampilan garis halus atau kerutan di wajah.

Bagi kamu yang menginginkan kulit bersih dan cerah, cobalah dengan cara ini. Sebagai wanita sudah banyak untuk mencobanya. Dan akhirnya memuaskan.