January 25, 2018

Pernah melakukan tes mata di optik mapun di dokter? Apakah hasilnya menunjukkan bahwa Anda memiliki mata silinder? Beberapa dari Anda mungkin ada yang punya mata silinder, beberapa lagi mungkin punya tetapi tidak menyadarinya. Untuk mengetahui apakah mata Anda silinder atau tidak, sebaiknya periksakan mata Anda ke dokter. Kira-kira, apa sih penyebab mata silinder? Dan apa saja gejala ataupun ciri-ciri mata silinder? Yuk mari kita simak ulasan berikut ini..

Apa Itu Mata Silinder

Mata silinder atau Astigmatisme merupakan istilah medis yang sudah tergolong umum dan pasti sudah tidak asing lagi di mana inilah suatu kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan juga berbayang yang terjadi karena bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung secara sempurna seperti seharusnya. Tanda dan juga gejala umum dari mata silinder adalah penglihatan kabur dan berbayang sehingga penderita sering kali menyipitkan mata saat akan melihat jauh ataupun dekat dan memperlihatkan ciri ciri mata rabun.

Namun, pada mata yang tidak bulat sempurna, cahaya tidak tersebar merata di seluruh bagian mata. Sehingga, penglihatan Anda bisa menjadi agak buram dan tidak fokus. Ini mengapa orang yang punya mata silinder biasanya akan mengalami masalah penglihatan buram.

Kenapa Mata Bisa Silinder

Mata memiliki beberapa komponen kunci agar bisa melihat dengan baik. Salah satunya adalah sistem optik mata yang terdiri dari kornea dan lensa mata. Keduanya bahu-membahu untuk membuat cahaya masuk terfokus membentuk gambar yang sempurna di retina.

Pada penderita mata silinder, kornea mengalami ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya memiliki bentuk cembungan yang sempurna, menyerupai lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata menyerupai bola rugbi. Ketidaksempurnaan cembungan pada lensa juga bisa menyebabkan mata silinder.

Ketika cembungan yang terbentuk tidak sempurna alias tidak rata, maka mata silinder otomatis akan di derita. Sebab, cahaya yang masuk dari kornea tidak di fokuskan pada satu titik di retina sehingga membuat penglihatan kabur. Selain kecacatan bentuk yang biasanya sudah di dapat sejak lahir, beberapa kondisi berikut bisa menyebabkan mata silinder.

  1. Infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea.
  2. Melakukan operasi mata yang menyebabkan adanya perubahan kornea.
  3. Terjadi pembengkakan, penipisan, atau perubahan pada kornea.
  4. Kondisi yang memengaruhi kelopak mata sehingga membuat kornea terganggu..

Penyebab Mata Silinder

Astigmatisma atau mata silinder disebabkan oleh kelengkungan yang tidak teratur atau sempurna pada kornea atau lensa mata. Umumnya, kondisi ini merupakan bawaan sejak Anda lahir. Namun, astigmatisma juga dapat berkembang karena penyebab lain, seperti karena cedera mata, penyakit mata, atau setelah operasi mata.

Sebuah kondisi yang disebut dengan keratoconus juga dapat menyebabkan mata silinder, tapi ini jarang terjadi. Keratoconus merupakan gangguan yang membuat kornea semakin menipis dan berbentuk menjadi lebih kerucut, sehingga bisa menyebabkan astigmatisma.

Mungkin Anda sering mendengar bahwa kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan astigmatisma. Seperti membaca dalam cahaya redup, duduk sangat dekat dengan televisi, bermain hp atau komputer di ruang gelap, dan sebagainya. Namun, ternyata semua ini hanyalah mitos. Kebiasaan tersebut tidak akan menyebabkan Anda memiliki astigmatisma. Tapi, jangan mencontoh kebiasaan buruk itu juga ya.

Gejala dan Ciri Mata Silinder

Astigmatisma dapat terjadi dengan tingkat yang berbeda-beda di masing-masing mata. Artinya, Anda bisa mengalami astigmatisma di mata kiri Anda saja, atau mata kanan Anda, maupun kedua mata Anda dengan tingkat yang berbeda-beda. Silinder juga biasanya menyertai rabun jauh (miopia) dan rabun dekat (hiperopia).

Pada tingkat ringan, silinder biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Penglihatan Anda mungkin hanya sedikit kabur atau buram. Sedangkan, mata silinder yang parah dapat menunjukkan gejala penglihatan yang buram pada jarak dekat maupun jauh. Selain itu, silinder yang parah juga dapat membuat Anda mengalami sakit kepala, mata lelah, dan penglihatan yang tidak stabil, terutama saat membaca buku, menatap layar komputer, atau melihat di kejauhan.

Dengan Cara Apa Lagi Pemeriksaan Mata Silinder?

Saat Anda ke dokter mata atau optik, beberapa tes akan di lakukan untuk menguji kondisi matamu. Di antaranya adalah:

Keratometer

Keratometer adalah alat untuk mengukur cahaya yang di pantulkan dari permukaan kornea. Sehingga keadaan kornea yang tidak melengkung sempurna dapat terdeteksi.

Tesnya mudah, kamu hanya akan di minta menempelkan wajahmu pada alat ini dan diam tanpa berkedip selama beberapa saat.

Tes Refraksi

Tes ini menggunakan refraktor optik, yaitu mesin yang memiliki banyak lensa dengan berbagai tingkat kekuatan. Kamu akan di minta menggunakan alat tersebut sambil membaca bagan huruf yang terdiri dari beberapa baris. Di mana dari atas ke bawah ukuran huruf mengecil secara bertahap. Sambil kamu membaca, dokter akan mengganti-ganti lensa di refraktor optik untuk menentukan lensa yang tepat untukmu.

Apakah Mata Silinder Bisa Diobati?

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mata Anda pengobatan apa yang tepat Anda ambil sesuai dengan tingkat keparahan silinder Anda. Biasanya silinder dapat di tangani dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak. Namun, jika silinder masih dalam tingkat yang ringan, mungkin Anda tidak butuh menggunakan alat bantu penglihatan tersebut.

Penderita mata silinder juga sering kesulitan saat membaca tulisan yang kecil, mata terasa tegang, sakit kepala, mata kering dan juga lelah sesudah membaca atau terlalu lama menggunakan komputer. Pengobatan mata silinder yang bisa di lakukan untuk meningkatkan penglihatan yang terganggu akibat mata silinder seperti beberapa cara pengobatan yang akan kami berikan berikut ini:

Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak sebenarnya hampir serupa dengan kacamata di mana penggunaannya bergantung dari selera dan kenyamanan penderita. Namun saat memiliki lensa kontak untuk mata silinder sebaiknya di konsultasikan terlebih dulu dengan dokter mata supaya tidak salah pilih dan harus mempertimbangkan bahaya lensa kontak untuk mata.

Operasi LASIK

Operasi LASIK adalah proses merubah kornea dengan memakai laser. Lapisan permukaan kornea akan di buka atau flap memakai alat khusus yakni keratom yang selanjutnya akan di pakai laser untuk mengubah bentuk dari lapisan kornea di bawah lapisan yang sudah di buka dan kemudian flap akan di tutup kembali.

Kunyit

Kunyit sudah digunakan hampir seluruh orang di dunia untuk memberikan rasa dan warna pada makanan. Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit memiliki manfaat luar biasa sebagai anti inflamasi dan anti mikroba. Selain itu, kunyit juga kaya akan vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E yang sangat baik untuk memerangi astigmatisme atau mata silinder. Kemampuan kunyit untuk mengurangi kolesterol dan anti oksidan sangat baik untuk melindungi pembuluh darah kecil yang bertanggung jawab untuk menyehatkan aliran darah di mata dan terhindar dari mata silinder.

  1. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu hangat dan campur hingga rata.
  2. Minum susu tersebut sampai habis yang di lakukan sebanyak 2 kali sehari yang sangat efektif untuk menormalkan kondisi mata.

Green Tea

Teh hijau sudah di kenal dengan efek kesehatannya yang juga bisa di gunakan untuk menyembuhkan gejala mata silinder. Manfaat teh hijau untuk mata adalah menjaga jaringan sehat mata sekaligus mengatur pembuluh darah di area mata. Seseorang yang menderita mata silinder di sarankan untuk mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau per hari untuk memperbaiki penglihatan dan menjaga kesehatan mata dan tubuh secara menyeluruh.

Amla

Amla memiliki banyak khasiat yang sangat populer. Selain memiliki kandungan vitamin C tinggi dan juga anti oksidan yang menjadikan amla ini sangat ampuh digunakan untuk pengobatan mata silinder. Sifat yang terkandung dalam amla sangat baik untuk memperbaiki jaringan sel mata. Mengkonsumsi buah ini secara teratur atau mencampur bubuk amla sebanyak 1 sendok teh dengan madu akan memberikan efek yang sangat baik untuk penderita mata silinder.

Bilberry

Buah bilberry yang berasal dari wilayah Eropa ini memiliki kandungan vitamin C tinggi serta anya yakni zat yang di kenal sebagai antosianosida untuk perawatan inflamasi dan juga menguatkan pembuluh darah mata. Buah ini sangat baik untuk mengatasi kelelahan pada mata serta memperbaiki sel mata yang mengalami kerusakan. Untuk mengkonsumsi buah ini bisa dalam keadaan segar atau di keringkan yang akan memberikan efek besar untuk mata silinder.

Cassia

Cassia merupakan tanaman tropis yang tumbuh sepanjang tahun dan sudah sangat sering di gunakan masyarakat Cina untuk meningkatkan penglihatan dan mengatasi ciri ciri mata tidak sehat. Cassia ini bisa dibuat menjadi teh herbal yang diminum 2 kali sehari untuk meredakan rasa sakit, mata kabur dan kondisi mata silinder yang terjadi dengan efektif.

Gingko Biloba

Ginkgo biloba sudah sering digunakan untuk mengatasi gangguan darah serta meningkatkan kemampuan daya ingat. Gingko biloba juga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki struktur darah untuk memastikan tekstur darah tidak terlalu kental. Ginkgo biloba adalah antioksidan yang sangat baik sehingga bisa di gunakan untuk mengobati kondisi mata dan mengatasi jenis jenis penyakit mata.

Goji Berry

Goji berry adalah buah yang memiliki karetonoid seperti beta karoten serta zeaxanthin yang merupakan anti oksidan tinggi. Semua zat ini sangat penting untuk melindungi organ mata, mengatasi kelainan yang terjadi pada mata dan meningkatkan fungsi mata. Goji berry bisa di seduh sebagai teh dengan cara merebus goji berry dengan air selama 10 menit dan di minum dengan teratur.

Coklat

Nampaknya ini menjadi obat paling nikmat untuk mengatasi mata silinder. Coklat memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi dan juga anti oksidan. Coklat akan menyingkirkan radikal bebas sekaligus meningkatkan kesehatan mata serta memperbaiki penglihatan. Untuk mengkonsumsi coklat ini bisa di lakukan dengan mencampur 1 sendok makan madu dengan 1 sendok makan coklat kemudian di konsumsi 2 kali sehari.

Kuning Telur

Kuning telur mengandung karotenoid tinggi yang sangat penting untuk meningkatkan penglihatan karena kandungan antioksidannya. Namun hindari mengkonsumsi kuning telur dengan cara di rebus karena bisa menghilangkan karotenoid yang sangat sensitif apabila terkena panas. Mengkonsumsi kuning telur dalam keadaan mentah sangat penting sebab konsentrasi hara didalamnya masih sangat tinggi sehingga bisa juga di konsumsi untuk mengatasi penyebab mata kabur.

Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi tinggi serta anti oksidan yang kuat. Bayam juga menjadi sumber vitamin A, zat besi, kalsium serta potassium serta karoten yang sangat baik untuk merawat kesehatan mata. Bayam juga akan meningkatkan penglihatan sehingga baik dikonsumsi penderita mata silinder. Untuk mengkonsumsi bayam disarankan dilakukan dengan cara kukus sebanyak 2 kali sehari.

Olahraga Mata dan Suplemen Mata

Melakukan olahraga mata setiap hari khususnya saat pagi hari dan sebelum tidur sangat baik untuk melatih tingkat fleksibel mata sehingga bisa mendapatkan oksigen yang cukup sebab kekurangan oksigen pada jantung sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Menggerakan mata ke kiri dan kanan atau memijat kearah jarum jam sangat baik di lakukan, untuk mengatasi mata silinder secara alami serta mengatasi gejala mata lelah.

Selain melakukan olahraga mata, suplemen khusus untuk mata juga harus di konsumsi untuk mengurangi zat silinder dan mencukupi kebutuhan nutrisi mata. Suplemen ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko obat atau apotik dan pilih suplemen sesuai dengan rekomendasi dari dokter mata Anda.

Pengobatan mata silinder bisa di lakukan dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami untuk menutrisi dan meningkatkan fungsi penglihatan, treatment khusus atau menjalani prosedur operasi yang semuanya bisa di lakukan untuk mengatasi mata silinder tergantung dari keinginan dari penderita. Namun di balik itu semua, langkah pencegahan menjadi cara terbaik untuk menghindari salah satu penyakit mata ini.

Rawat bagian organ mata dengan baik dan hindari kebiasaan buruk yang bisa merusak penglihatan Anda.