January 12, 2018

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa di mainkan oleh anak-anak, salah satunya olahraga bulu tangkis. Olahraga ini bisa dimainkan di halaman rumah dengan peralatan yang sederhana, yaitu kok (shuttlecock) dan raket. Selain menyehatkan tubuh, ada manfaat lain yang bisa di peroleh dari olahraga bulu tangkis untuk kesehatan tubuh sih anak. Apa sajakah manfaat bulu tangkis pada anak? Yuk kita simak ulasan berikut ini..

Pengertian Bulu Tangkis

Olahraga Bulu tangkis atau juga bisa disebut badminton ini memang di kenal sebagai olahraga yang mudah dan cepat untuk mengeluarkan keringat. Oleh karena itu manfaat bermain bulu tangkis ini sangat penting untuk semua usia. Karena dalam bulu tangkis hampir semua bagian tubuh kita bergerak aktif dengan cepat. Olahraga yang kabarnya berasal dari Mesir kuno ini, bahkan ada kabar lain menyebut berasal dari Cina merupakan olahraga yang cukup di minati di Indonesia. Dengan Olahraga bulu tangkis nama Indonesia terangkat dengan prestasi-prestasinya hingga di kancah dunia. Bagi Anda yang ingin olahraga yang membuat tubuh bergerak aktif sepenuhnya, tidak salah jika memilih bulu tangkis sebagai olahraga untuk menjaga kesehatan Anda.

Usia Berapa Anak Sebaiknya Memulai Untuk Bermainn Bulu Tangkis?

Menurut Badminton Information, tidak ada ketentuan mengenai usia yang tepat pada anak untuk mulai bermain bulu tangkis. Biasanya anak akan mulai menentukan minat mereka bermain bulu tangkis dari pendidikan jasmani atau kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Namun, memperkenalkan olahraga, termasuk bulu tangkis pada usia dini sangat baik untuk mendukung tumbuh kembangnya. Di Indonesia, klub bulu tangkis ada yang membuka kelas mulai usia 4 sampai 5 tahun untuk anak-anak.

Walaupun Anda sudah mengetahui banyak manfaat bulu tangkis untuk anak, Anda perlu memperhatikan dan mengawasi anak dalam melakukan permainan ini. Pasalnya, semua jenis olahraga, termasuk bulu tangkis dapat menyebabkan cedera. Kemudian, sediakan juga perlengkapan seperti handuk kecil untuk mengelap keringat dan air minum yang cukup agar menjaga tubuhnya tetap terhidrasi.

Manfaat Bulu Tangkis Untuk Kesehatan Tubuh Anak

Kita melihat para atlet bulu tangkis terlihat memiliki postur yang cukup ideal dan performance yang menarik seperti kulitnya halus dan cerah. Ternyata para pakar menemukan bahwa bentuk tubuh dan penampilan mereka tersebut memang di akibatkan dari kebiasan mereka memainkan bulu tangkis ini. Luar biasa bukan, tidak hanya sehat namun turut membantu kita untuk tampil menarik.

Itu hanya sebagian kecil dari manfaat olahraga bulu tangkis, masih banyak lagi manfaat lain yang bisa kita dapatkan. Selain manfaat olahraga yang cukup banyak, tentu bulu tangkis memiliki karakteristik sendiri. Ditunjang dari banyak penelitian yang di lakukan pakar di bidang olahraga menemukan manfaat bulu tangkis diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Bermain bulu tangkis membuat anak harus bergerak melompat atau menangkis. Gerakan ini dapat memperkuat kondisi fisik anak sehingga tetap sehat dan bugar. Selain itu, gerakan pada olahraga bulu tangkis juga dapat memperkuat paru-paru dan mencegah penurunan asupan oksigen karena meningkatkan kapasitas dan efisiensi pernapasan.

Dengan melakukan kegiatan fisik seperti ini, anak Anda akan terhindar dari beberapa risiko penyakit, seperti:

  • Penyakit jantung. Kegiatan fisik ini dapat memperkuat otot jantung dan mengurangi jumlah kolesterol dan lemak berbahaya dalam darah.
  • Serangan jantung dan stroke, kegiatan fisik ini dapat meningkatkan fleksibilitas dinding pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah.
  • Diabetes. Kegiatan fisik ini mencegah penumpukan gula dalam darah dengan menggunakannya sebagai energi.

Gerakan kaki melompat atau menahan dan gerakan tangan untuk menangkis pun dapat memperkuat tulang, meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot pada paha depan, betis, paha belakang, otot lengan, otot punggung, dan otot inti.

Bulu tangkis membuat tubuh tetap bergerak aktif sehingga meningkatkan mobilitas tubuh. Gerakan-gerakan bulu tangkis dapat melumasi sendi-sendi anak sehingga mencegah arthritis, osteoporosis, dan kondisi radang lainnya. Setiap gerakan dapat meningkatkan refleks dan kecepatan anak dalam menghadapi lawan pemain.

2. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Bermain bulu tangkis akan memperluas interaksi sosial anak dengan teman-temannya. Bila anak mengikuti suatu klub tentu akan mengembangkan keterampilannya dalam berkomunikasi. Mengikuti permainan atau pertandingan bulu tangkis dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri anak untuk meraih kemenangan.

Selain itu, permainan bulu tangkis akan membuat anak memiliki sikap kompetitif dan belajar menerima kemenangan atau kekalahan dalam setiap permainan. Bahkan, bisa juga menjadi kegiatan untuk mengembangkan bakat dan minatnya dalam dunia olahraga.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Di lansir dari Health Fitness Revolution, banyak orang yang melaporkan bahwa mereka merasa rileks dan senang setelah mereka melakukan olahraga. Menurut satu teori, berolahraga dapat melepaskan beta-endorfin, zat alami dalam tubuh yang ratusan kali lebih manjur di banding morfin.

Teori lain menunjukkan bahwa berolahraga dapat meningkatkan hormon serotonin di sistem saraf pusat sehingga akan menimbulkan perasaan senang, peningkatan nafsu makan, dan berkurangnya stres. Selain itu dapat memperbaiki mood dan kenyamanan tidur bila di lakukan secara rutin.

Bulu tangkis, juga sebagai salah satu jenis olahraga yang menyenangkan, juga menawarkan manfaat-manfaat tersebut. Tentu hal ini secara tidak langsung mendorong tumbuh kembang anak.

4. Memperpanjang Usia

Manfaat olahraga bulu tangkis yang paling utama adalah dapat membuat usia lebih panjang. Memiliki umur yang panjang memang keinginan banyak orang. Di setiap ulang tahun biasanya kita menerima doa semoga panjang umur bukan? Doa mesti di iringi dengan usaha, dan bulu tangkis adalah salah satu usaha yang bisa kita lakukan.

Belakangan ini terdapat penelitian yang menemukan bahwa dengan bermain bulu tangkis 30 menit saja tiap harinya akan membuat kita terhindar dari resiko kematian sekitar 23%. Tidak hanya itu penelitian tersebut menambahkan bahwa bulu tangkis bisa memperpanjang 2 tahun umur kita.

5. Mencegah Obesitas

Kebanyakan orang ingin agar terhindar dari obesitas. Olahraga bulu tangkis adalah penangkal dari risiko obesitas. Mengapa? Karena bulu tangkis mereduksi kolesterol berlebihan dalam tubuh dan meningkatkan kolersetrol baik (HDL). Oleh karena itu, mari bermain bulu tangkis agar kolesterol jahat tidak berkembang di tubuh kita.

6. Menjaga Kepadatan Tulang

Tulang adalah organ penggerak pasif dalam tubuh dan sifatnya keras. Tulang yang lemah akan menimbulkan resiko osteoporosis. Biasanya semakin tua resiko ini semakin besar. Namun jangan kahwatir olahraga ini bisa di mainkan oleh segala usia, khusus bagi Anda yang masih muda semestinya rutin memainkan olahraga ini untuk kepadatan tulang Anda. Karena bulu tangkis mampu memicu aktivitas sel-sel pembentuk tulang lebih meningkat, dan itu baik untuk membentuk kepadatan tulang kita.

Menurut pakar Jane Taylor, seorang pelatih pribadi di Inggris. Berkata “Dampak memukul raket dan melompat-lompat membantu meningkatkan kepadatan tulang secara yang alami.”

7. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Tidak hanya tulang kita menjadi padat namun juga kuat. Gerakan belari ke kiri kekanan, ke depan ke belakang, dan melompat saat bermain bulu tangkis faktanya sangat ampuh dalam membentuk kekuatan kaki. Hal tersebut di buktikan oleh penelitian yang di lakukan di Inggris yang mengungkapkan banyak gerakan yang di lakukan saat bulu tangkis sangat baik untuk kekuatan kaki.

8. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit cukup mematikan di dunia. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bulu tangkis adalah mencegah resiko kanker seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

9. Baik Bagi Penderita Hipertensi

Anda termasuk yang memiliki tekanan darah tinggi? Olahraga ini mampu meningkatkan sirkulasi secara normal dan menyehatkan pembuluh darah anda. Bulutangkis dapat menurunkan tekanan darah anda. Secara alami membantu anda mengatasi hipertensi tanpa obat-obatan.

10. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah di bahas di awal, bahwa bulu tangkis ini cepat mengeluarkan keringat, artinya mempercepat pembakaran kalori dan mencegah lemak menumpuk di tubuh. Itu bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda, tentunya perlu di sertai dengan makanan dan diet yang baik pula.

Penelitan lain menyebutkan bahwa pembakaran kalori dalam bulu tangkis di pengaruhi juga oleh berat badan pemainnya. Misalkan, orang dengan berat badan 90 kg bisa membakar 544 kalori dalam 1 jam bermain bulu tangkis akan berbeda dengan orang dengan berat badan 55 kg membakar 327 kalori dengan durasi yang sama.

11. Membentuk Postur Tubuh Ideal

Gerakan pada saat bermain bulu tangkis seperti berlari, melompat, melangkah tersebut membuat otot kaki mengendur dan mengencang sepenuhnya dan menggunakan jaringan otot dalam sepenuhnya, hal itu memacu pertumbuhan bentuk tubuh secara alami. Nah ini adalah manfaat bermain bulu tangkis yang paling ampuh, Anda dapat meninggikan badan secara cepat dengan bermain bulu tangkis.

12. Bermain Bulu Tangkis Menghilangkan Stress

Menurut pakar, permainan bulu tangkis mampu menimbulkan perasaan nyaman dalam diri pemainnya, hal itu baik untuk mengurangi stress, depresi dan kecemasan. Namun sepertinya tidak berlaku bagi para pemain bulu tangkis yang sedang berkompetisi.

12. Membantu Kualitas Tidur Lebih Baik

Penelitian yang di lakukan oleh American College of Sport Medicine. Olahraga ini termasuk mampu untuk meningkatkan kualitas tidur kita dan efeknya terhadap efisiensi dalam melakukan rutinitas kita sehari-hari.

13. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Saat bermain bulu tangkis, otak akan menerima asupan oksiken lebih banyak. Hal itu akan menyegarkan otak kita dan baik untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari. Hal itu juga dapat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri dan optimisme. Sehingga kita lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas yang padat sekali pun.

14. Menjaga Daya Konsentrasi

Dalam permainan bulu tangkis, yang di butuhkan tidak hanya kerja fisik saja. Namun kerja otak juga sangat mempengaruhi, saat kita hendak membaca gerakan dan mengambil keputusan mengembalikan shuttlecock ke arah mana. Olahraga ini sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dengan begitu pula akan melatih daya konsentrasi agar lebih meningkat.

15. Melatih Fungsi Otak

Bulu tangkis adalah permainan yang juga membutuhkan strategy. Saat bermain, sangat di butuhkan koordinasi gerak, perhatian mata, dan tangan dan hal ini membutuhkan kinerja otak yang baik. Otak kita di tuntut untuk bekerja dengan cepat dan tepat, tentu ini baik untuk kesegaran otak kita. Selain itu, gerakan yang cenderung sangat cepat juga memberikan efek aerobik. Dalam berbagai penelitian, jenis olahraga yang bersifat aerobik umumnya sangat berhubungan dengan pemeliharaan fungsi kognitif atau kecerdasan.

16. Sebagai Sarana Bersosialisasi

Permainan bulu tangkis di lakukan minimal dengan dua orang, dan banyak orang memilih untuk bergabung dengan komunitas-komunitas hobby bulu tangkis. Dengan begitu akan membuat kita mudah bersosialisasi dengan orang lain, teman kita pun bertambah dan tentunya pergaulan kita pun akan semakin berkembang.

17. Kebutuhan Aktualisasi Diri

Permainan bulu tangkis ini memerlukan kerja keras dalam aspek fisik dan juga kerja cerdas dalam aspek kejiwaan. Olahraga ini tentu akan semakin mudah di lakukan oleh meraka yang sudah memiliki bakat. Bagi Anda yang memiliki bakat dalam olah fisik dan otak yang cepat bisa menjadikan permainan bulu tangkis sebagai lahan aktualisasi Anda, siapa tahu Anda akan menjadi pemain professional yang nantinya mengaharumkan nama bangsa Indonesia.

18. Meningkatkan Stamina dan Kebugaran Tubuh

Seperti yang sudah di ulas sebelumnya, bahwa bulu tangkis ini bisa di kategorikan mirip latihan aerobic, yang mana gerakan aerobic dapat membantu meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh kita.

20. Melatih Gerak Reflek

Aspek kecepatan dalam bulu tangkis sangat penting. Kita harus bergerak dengan cepat untuk menutup setiap sudut-sudut lapangan dan mesti mengembalikan pukulan shuttlecok lawan dengan cepat. Cara untuk bergerak cepat tersebut melatih gerak reflek kita, sehingga saraf sensorik-motorik di sumsum tulang belakang kita berfungsi dengan baik.

21. Membantu Mengeluarkan Racun (Detoksifikasi)

Permainan ini akan membuat kita berkeringat berat, itu membuat berbagai racun di dalam tubuh akan termetabolisme dan di buang keluar dari tubuh, kemudian memberikan perasaan tubuh yang ringan dan bebas beban karena kotoran-kotoran tubuh sudah di detoksifikasi dengan baik.

22. Mencerahkan Kulit Secara Alami

Faktanya beberapa pemain berpendapat “Bulutangkis adalah jenis olahraga untuk perawatan langsung terhadap perawatan kulit kita” karena bermain bulu tangkis cepat mengeluarkan keringat sehingga kotoran serta penghalang di pori-pori kulit di bersihkan secara alami. Saat energi tubuh dan darah yang mengalir dengan lancar, Secara alami kulit kita pun akan terlihat cerah yang sehat.

23. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Tidak hanya bisa membuat jantung dan tulang menjadi sehat. Bulu tangkispun disebut-sebut mampui meningkatkan fungsi paru-paru yang cukup signifikan.

24. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Dengan berolahraga bulu tangkis secara teratur dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Bermain bulu tangkis secara teratur meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus mengurangi kadar kolesterol buruk (LDL). Kolesterol buruk mengurangi ukuran pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.

25. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah masalah yang merepotkan terutama pada orang tua dan wanita yang telah memasuki masa menopause. Osteoporosis dapat di cegah atau di tunda dengan secara rutin bermain bulu tangkis, terlepas dari usia dan jenis kelamin. Memainkan bulu tangkis memicu aktivitas sel-sel yang membentuk tulang dan membantu asimilasi kalsium dalam matriks tulang.

Bagi Anda yang menyukai olahraga bulu tangkis, beruntunglah. Karena olahraga yang satu ini memiliki manfaat yang lumayan banyak baik untuk kesehatan tubuh Anda.