January 7, 2018

Mata yang indah juga menjadi salah satu komponen dalam mempercantik penampilan seorang wanita. Sehingga berbagai alat make up pun di gunakan agar mata terlihat indah dan mewah. Salah satu hal yang membuat mata indah adalah jika anda memiliki bulu mata yang lentik. Namun sayangnya tidak semua wanita memiliki bulu mata yang lentik, ada yang memiliki bulu mata yang terlalu tipis dan ada yang terlalu lulus serta masalah bulu mata lainnya. Bulu mata yang tidak lentik atau tidak indah di sebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor usia, faktor keturunan, kosmetik, kurang nutrisi dan sering menggosok mata.

Untuk membuat bulu mata lentik biasanya wanita menggunakan mascara dan alat penjepit bulu mata agar menjadi sentuhan si bulu mata menjadi lentik. Namun cara ini cukup tidak praktis karena setiap hari anda harus melakukan hal itu, menjepit dan mengoleskan maskara pada bulu mata.

Penyebab Bulu Mata Kurang Indah

Sebelum kita membahas mengenai cara melentikan bulu mata, ada baiknya kamu mengetahui beberapa penyebab bulu mata menjadi bermasalah. Sehingga akan membuat kita lebih mengerti dari mana masalah bulu mata sendiri.

  • Faktor Usia: Uban, rambut rontok, dan bulu mata menjadi tipis merupakan hal yang wajar ketika kamu memasuki usia 30 tahun keatas. Kondisi ini di sebabkan karena hormon penumbuh rambut mengalami penurunan kinerja dalam tubuh.
  • Keturunan atau Genetik: Seorang ayah atau ibu yang memiliki bulu mata lentik, maka 70 % lebih akan di turunkan kepada anaknya. Maka dari itu, lihat terlebih dahulu apakah orang tua kamu memiliki bulu mata lentik?
  • Penggunaan Kosmetik Berlebihan: Maskara, bulu mata palsu, kosmetik, sebenarnya dapat membuat bulu mata mengalami kerontokan. Jika kamu masih menggunakan, mulai sekarang hentikan!
  • Tanda Penyakit Tertentu: Bulu mata rontok juga bisa menjadi pertanda sebuah penyakit berbahaya. Mulai dari tanda diabetes, kanker serviks, keputihan, dan masih banyak lagi.
  • Kurangnya Asupan Gizi: Vitamin E, protein, asam folat, dan asam amino merupakan nutrisi yang baik untuk rambut atau bulu mata. Kekurangan nutrisi tersebut secara otomatis akan menyebabkan bulu mata menjadi rontok.

Cara Alami Untuk Memperpanjang Bulu Mata

Ada cara agar Anda tidak perlu repot setiap hari menggunakan alat make up agar bulu mata menjadi lentik. Caranya mudah yaitu secara alami. Berikut tips alami untuk melentikan bulu mata:

1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah banyak di gunakan untuk perawatan kecantikan. Minyak zaitun juga mudah di dapatkan di toko-toko, namun usahakan untuk membeli minyak zaitun jenis extra virgin. Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, minyak zaitun juga dapat di gunakan untuk melentikkan bulu mata. Cara menggunakannya yaitu dengan di oleskan pada bulu mata sebelum tidur. Lakukan cara ini dengan rutin maka bulu mata Anda akan lebih lentik.

Minyak zaitun memang sudah tidak di ragukan lagi dalam dunia kecantikan karena banyak manfaat yang dimilikinya. Salah satunya dapat melentikan bulu mata Anda. Jadi Anda bisa melakukan tips mengoleskan minyak zaitun pada bulu mata. Cukup oleskan pada bulu mata sebelum Anda tidur secara rutin.

2. Gunakan Kemiri

Kemiri adalah bumbu masak yang dapat membuat masakan menjadi lezat. Namun selain dapat di gunakan sebagai bumbu masak, ternyata kemiri juga bisa di gunakan sebagai bahan untuk melentikkan bulu mata. Caranya yaitu, dengan menyiapkan dua buah kemiri kemudian di bakar sampai benar-benar menjadi hitam. Diamkan untuk beberapa saat dan biarkan hingga dingin, lalu tumbuk kemiri sampai halus.

Untuk menggunakan kemiri sebagai cara alami melentikan bulu mata yang di gunakan adalah minyaknya. Caranya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bulu mata diamkan beberapa menit dan bilas dengan air. Selain bulu mata menjadi lentik juga bertambah lebat.

3. Gunakan Sendok

Tidak hanya cara menghilangkan kantung mata dengan sendok, bisa juga melentikkan bulu mata dengan menggunakan sendok. Beginilah cara menggunakan sendok untuk melentikkan bulu mata:

  • Siapkan sendok yang bersih. Gunakan sendok teh dan bukan sendok makan, sesuaikan ukurannya dengan mata kita, agar lengkungan sendok bisa di cocokkan dengan lengkungan kelopak mata kita.
  • Panaskan sendok terlebih dulu dengan mencuci sendok menggunakan air panas. Sendok yang panas akan membuat bentuk bulu mata lebih tahan lama. Efeknya mirip seperti jika kita menggunakan alat penata rambut.
  • Tempelkan sendok tersebut pada kelopak mata dalam posisi horizontal atau menyamping. Tekan bagian sendok yang cembung pada kelopak mata dan bagian cekungnya mengarah ke bagian luar mata. Tekan sejajar tepi sendok dengan garis mata atas.
  • Kemudian tekan bulu mata dengan sisi sendok yang cembung selama tiga puluh detik. Cara ini juga bisa di lakukan pada bulu mata bagian bawah.
  • Panaskan sendok kembali untuk mata yang satu lagi. Jika bulu mata tampak kurang lentik, ulangi kembali cara di atas selama tiga puluh detik lagi.
  • Aplikasikan maskara ke bulu mata yang sudah lentik. Gunakan sisir bulu mata untuk meratakan pemakaiannya.
  • Supaya mata semakin cantik, atasi juga penyebab kantung mata hitam dan penyebab mata panda yang membuat mata tampak lelah serta tidak segar. Mata yang segar akan sangat serasi dengan bulu mata yang lentik dan alis tebal.

4. Daun Sirih dan Lidah Buaya

Untuk dapat melentikkan bulu mata dengan daun sirih caranya cukup mudah. Siapkan dua lembar daun sirih yang sudah tua kemudian memarkan. Ambil lidah buaya, kupas dan potong-potong untuk di ambil lendirnya. Letakkan lendir lidah buaya pada wadah mangkok atau piring kecil. Pisahkan daun sirih tersebut. Celupkan satu lembar daun sirih yang sudah di memarkan ke cairan atau lendir lidah buaya, kemudian oleskan secara merata ke bulu mata.

Saat mengoleskannya keadaan bulu mata harus bersih, seperti menggunakan maskara. Setelah selesai mengoleskannya, maka diamkan hingga dua jam. Setelah dua jam kemudian bersihkan dengan daun sirih yang belum di gunakan tadi. Caranya yaitu dengan mencelupkan daun sirih ke air hangat, kemudian bersihkan secara merata dengan menyapukan pada bulu mata, seperti ketika menggunakan maskara tadi.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan daun sirih, di tempat Anda, cara ini dapat di lakukan hanya dengan menggunakan lidah buaya. Cara penggunaannya adalah dengan memotong lidah buaya untuk di ambil lendirnya seperti cara tadi. Oleskan lendir lidah buaya secara merata pada pada bulu-bulu mata. Lakukan cara ini dengan rutin, akan lebih makasimal jika di lakukan sebelum tidur. Setelah dua bulan maka Anda akan melihat hasilnya yaitu bulu mata menjadi lebih lentik, indah dan lebat.

5. Cotton Bud

Tips alami yang terakhir ini mungkin cukup unik yaitu menggunakan cotton bud. Cotton bud memiliki fungsi untuk membersihkan telinga, tapi ternyata juga membantu melentikan bulu mata. Caranya, pakai maskara di mata seperti biasa, jangan sampai mengering. Setelah itu posisikan cotton bud dengan arah horizontal di sepanjang garis bawah bulu mata.

Gunakan batangnya untuk mendorong helai–helai bulu mata ke arah atas. Tekan sampai bulu mata menjadi lentik dan biarkan selama tiga puluh detik atau sampai maskara mengering. Lakukan hal yang sama pada bulu mata bagian bawah dan mata yang satu lagi.

6. Minyak Kastor

Di dataran Mediterania dan Timur Tengah, minyak kastor dan zaitun banyak di konsumsi oleh masyarakat. Terbukti menurut WHO, penderita kanker dan serangan jantung di kawasan tersebut sangatlah kecil. Selain bermanfaat untuk kesehatan, minyak kastor juga baik untuk merawat bulu mata secara alami. Tapi jangan sampai kamu salah pilih, sebab minyak kastor memiliki warna dan tekstur yang hampir mirip dengan zaitun. Cara melentikkan bulu mata dengan minyak kastor alami:

  1. Siapkan minyak kastor secukupnya saja
  2. Sebelum tidur, oleskan minyak tersebut secara merata pada bagian bulu mata
  3. Jangan dibilas! Diamkan sampai pagi hari dulu
  4. Setelah bangun di pagi hari, bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih

7. Madu

Madu di kenal sebagai cairan lebah yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari vitamin sampai dengan mineral alami. Selain dapat menjaga kesehatan tubuh, kandungan-kandungan tersebut juga bisa membantu melentikan bulu mata secara alami. Cara melentikan bulu mata dengan madu alami:

  1. Pilihlah madu yang berkualitas, jangan gunakan madu abal-abal baik itu madu hutan ataupun ternak
  2. Tuang madu di sebuah wadah, kemudian oleskan secara perlahan pada bagian bulu mata.
  3. Diamkan sejenak sampai madu kering dan meresap, biasanya ini memerlukan waktu 30 menit
  4. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih

8. Bedak Bayi

Siapa sangka, ternyata bedak bayi ternyata bisa melentikkan bulu mata kita. Bedak bayi mempunyai tekstur yang lembut sehingga mampu melekat pada bulu mata yang membuat bulu mata lebih bervolume. Cara melentikkan bulu mata dengan bedak bayi adalah dengan menggunakan maskara terlebih dahulu dan kemudian mengusapkan bedak bayi menggunakan jari pada bulu mata. Langkah terakhir adalah dengan mengusapkan maskara lagi pada bulu mata. Gunakanlah teknik sekali usap untuk membuat bulu mata tidak lengket.

9. Kulit Lemon

Lemon adalah bahan tradisional yang bisa melentikkan bulu mata dengan berbagai nutrisi yang terkandung. Cara penggunaannya adalah dengan merendam air lemon dengan minyak zaitun dan minyak jarak selama 4 hari. Kemudian gunakan ramuan ini sebagai masker dan gunakan minimal 2 hari sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Memotong Ujung Bulu Mata

Sebagaimana rambut, bulu mata juga bisa di rangsang pertumbuhannya agar lebih panjang dari sebelumnya. Cara ini cukup mudah, namun harus di lakukan dengan sangat hati-hati, agar bulu mata tidak sampai rusak atau terpotong terlalu panjang. Guntinglah bagian ujung bulu mata dengan perlahan, dan pastikan semua bagian terpotong dengan merata, sehingga tidak tampak aneh. Gunakan gunting kecil yang tajam, sehingga proses ini berjalan mudah dan lancar. Lakukan hal ini sekali dalam 2 atau 3 bulan, sehingga hasilnya maksimal.

11. Teh Hijau

Orang–orang lebih mengetahui manfaat teh hijau untuk rambut. Namun, teh hijau juga bisa bermanfaat untuk melentikkan bulu mata, sekaligus menebalkannya. Cara menggunakan teh hijau untuk bulu mata yaitu seperti ini:

  1. Tumbuk daun teh hijau secukupnya.
  2. Tambahkan sedikit air hangat, campur sampai merata.
  3. Celupkan pada kapas dan oleskan pada bulu mata menggunakan kapas tersebut.
  4. Biarkan sampai agak mengering lalu bilas dengan air bersih.
  5. Manfaat teh untuk perawatan kecantikan ada banyak, diantaranya manfaat teh untuk rambut dan manfaat teh untuk wajah yang bisa dicoba sebagai alternatif perawatan kecantikan Anda.

Pasti setiap wanita menginginkan mulu mata yang lentik dan indah. Nah bagi kalian yang menginginkan hal tersebut, cobalah beberapa cara diatas.